Perkembangan dan Perawatan kehamilan berumur 11 minggu

Bayi berusia 11 minggu hampir sepenuhnya membentuk bagian tubuh dan terus berkembang dengan cepat. Pada tahap ini, Anda juga akan memiliki perubahan signifikan tidak hanya di luar dan di dalam. Apa perubahan dan bagaimana pertumbuhan bayi usia 11 minggu? Mari temukan segera jawabannya di artikel ini yang ditulis oleh balqis jasa aqiqah depok.

Perubahan tubuh ibu hamil usia 11 minggu

Suhu tubuh Anda akan naik banyak, Anda akan selalu merasa panas dan banyak berkeringat. Gejala morning sickness secara bertahap berkurang, nafsu makan mulai kembali. Suasana hati Anda masih akan sangat tidak menentu dan sensitif, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir, belajarlah untuk tetap tenang dalam setiap situasi.

Perut Anda tumbuh lebih besar dan lebih banyak perut, dan bagian tubuh lainnya sedikit lebih gemuk. Hampir di minggu ke 11, wanita hamil biasanya bertambah gemuk, namun beberapa menurunkan berat badan karena mual pagi yang parah.

Perkembangan Janin 11 Minggu

Rambut, kuku, pedikur tumbuh lebih cepat dari sebelumnya, ini normal selama kehamilan, yang disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah, peningkatan nutrisi atau perubahan hormon.

Perkembangan janin pada usia 11 minggu

Ukuran bayi Anda sekitar 5-6cm, beratnya 14g, setara dengan lemon. Bayi berusia 11 minggu (atau lebih awal dari minggu lalu) mungkin berada di bawah air, terutama saat bayi Anda mulai menarik napas dan mengeluarkan sedikit cairan ketuban untuk membantu paru-paru tumbuh dan saluran pernafasan.

Kepala bayi tidak proporsional dengan tubuh, tapi tubuh sudah mulai tumbuh lebih besar dari sebelumnya. Mulut bayi diketahui mulai mengisap dan menelan. Gigi kecil sudah mulai terbentuk di gusi.

Sebagian besar waktu, bayi-bayi itu aktif berenang dan menendang kaki meski Anda masih belum bisa merasakannya. Jari-jarinya, jari kaki mulai terpecah. Tulang-tulang di tubuh berangsur-angsur mengeras. Kulit bayi berusia 11 minggu masih tipis dan terlihat transparan. Genitalia ekstern terbentuk lebih jelas.

Saran perawatan kehamilan usia 11 minggu

  • Luangkan waktu untuk membaca beberapa buku tentang kehamilan dan perawatan neonatal.
  • Berencana untuk menambah berat badan sekarang juga. Pilih makanan sehat dan bergizi.
  • Berbagi informasi dan perasaan dengan orang yang dicintai, teman sangat penting untuk membantu Anda terhubung dengan masyarakat, mencari pertolongan dan membangkitkan semangat Anda.
  • Jelajahi perawatan prenatal dan pascakelahiran, seperti tempat kelahiran, kamar bayi, nama, pakaian, dll, dan rencana lainnya.
  • Jika morning sickness Anda berkurang secara bertahap, Anda mungkin ingin mempertimbangkan perjalanan singkat.
  • Bersiaplah untuk memasuki trimester kedua yang menyenangkan setelah beberapa minggu.

Untungnya, gejala morning sickness mulai menghilang mulai minggu ke 11. Bayi berusia 11 minggu sangat aktif di perut Anda dan membutuhkan nutrisi yang konstan dan cukup. Meski risiko keguguran telah turun seminimal mungkin, Anda tetap harus memperhatikan dan terus diet untuk wanita hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *